Jum'at, 22 Februari 2019
10:48 WIB - Merasa Dicemarkan, Koperumnas Akan Somasi PKLP, Namun PKLP Tidak Merasa Mencemarkan | 13:36 WIB - Artis Chiara Aurelia Merasa Sama Dengan Mori, Pemeran di Film Kunarfa | 16:09 WIB - Crystal Boys dan Dandy Perkasa Menarik Perhatian Di Panggung CGV KPOP Festival 2019 | 18:39 WIB - Natasha Wilona Lakukan Treatment Laser Flawless By Alma-Q, Seperti Apa? | 23:11 WIB - Berwisata Ke Yogyakarta Tidak Terpuaskan Jika Tidak Ke Wisata Gunung Kidul | 01:43 WIB - Tumbuhkan Minat Anak Pada Science, PP Iptek Gelar Doodle Art Science Contest
 
MEDIA BINTANG (MB) : OASE : Berwisata Ke Yogyakarta Tidak Terpuaskan Jika Tidak Ke Wisata Gunung Kidul

Berwisata Ke Yogyakarta Tidak Terpuaskan Jika Tidak Ke Wisata Gunung Kidul

OASE - ds/red - Rabu, 30/01/2019 - 23:11:15 WIB

mediabintang.com,Gunungkidul-Berada di Yogyajarta, tidak akan terpuaskan jika belum mengunjungi wisata Gunungkidul. Destinasi Gunungkidul merupakan salahsatu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyimpan banyak keindahaan  alam. Batu-batu besar di Gunung Api Purba bertekstur pahatan maha karya Allah swt begitu mempesonanya. Ditambah hijaunya dari barisan pohon-pohon yang menancap rapi di atasnya, membuat wisata Kabupaten Gunungkidul menumbuhkan rasa kedekatan pada sang pencipta seluruh isi alam ini, Allah swt. Ditambah keelokan banyak pantai, seni budaya, kerajinan masyarakat setempat dan aneka kuliner, membuat wisata ini mendapat penghargaan  UNESCO sebagai geopark dunia di bawah pimpinan Bupati Hj.Badingah.

Mentari baru saja membuka selimut malam di Kabupaten Gunungkidul. Rombongan wartawan dari ibukota Jakarta, tim reality show Mimpi Umroh, Sinergi Pengembang Indonesia bersiap-siap menuju kawasan wisata Gunungkidul. Tepat pukul 8.00 pagi kami pun tiba di kawasan Gunungkidul disambut rinai hujan. Keindahan alam Gunungkidul tidak menyurutkan niat teman-teman foto-foto di lokasi wilayah bertuliskan 'Gunungkidul'.Termasuk jurnalis mediabintang.com, Dudung Supriyatna.

Usai foto-foto sambil menikmati indahnya panorma alam wilayah pembuka wisata bertuliskan 'Gunungkidul' yang bersebelahan dengan Bukit Bintan bagian wilayah Pacitan ini, kami pun melanjutkan perjalanan ke destinasi Gunung Api Purba menggunakan bus dari dinas wisata Pemerintah daerah Gunungkidul. Selama satu jam perjalanan, hijaunya dedaunan dari barisan pepohonan yang membentang dan udara sejuk pegunungan mengobati rasa kantuk yang saya rasakan. Pasalnya, malam sebelum perjalanan, saya dan teman-teman benar-benar menikmati kearifan budaya lokal Yogyakarta.


Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk, tanaman, luar ruangan dan alam
Di Cela Batu Besar Nikmati Panorama Alam Wisata Gunung Api Purba, di Kabupaten Gunungkidul, Dudung, Wartawan Koran Singgalang. Juga menulis di mediabintang.com,Situsnews.com,Katariau.com.Satunews.com

Kami pun tiba di destinasi Gunung Api Purba pada pukul 10.10 pagi. Sebelum melakukan pendakian,terlebih dahulu Pemda Dinas Wisata Kabupaten Gunungkidul memberi penjelasan apa itu, Gunung api Purba di 'Pendopo Embung Ngalengeran'.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan dan alam
Saat Memulai Pendakian (mediabintang.com/dudung.s)


Rinai hujan yang melaju kencang, tidak membuat surut saya dan wartawan dari ibukota Jakarta untuk mendaki dan menikmati panorama gunung purba ini. Batu-batu berukuran besar pahatan maha karya pemilik alam ini yang tertata rapi menanjak ke atas, tidak bosan-bosannya saya pandangi. Saya pun mendaki gunung purba ini. Jangan kuatir, sarana jalan pendakian menuju bagian teratas gunung purba ini sudah tersedia dengan baik. Ada baiknya melakukan pendakian jangan seorang diri.

Penunjuk arah menuju bagian teratas gunung purba ini, dapat kita temui saat pendakian kita lakukan. Saat melakukan pendakian, rasa takjub saya pada wisata gunung ini, tidak puas-puasnya. Dalam perjalanan kita pun akan disuguhi hamparan hijau pepohonan dan sesekali mata kita juga akan dibuat segar dengan bunga berwarna orange kemerahan.

Gambar mungkin berisi: pohon, tanaman, luar ruangan, alam dan air
Jalan Pendakian Gunung Api Purba (mediabintang.com/dudung.s)

Gunung ini sempat aktif 60 juta tahun lalu dan dikenal dengan nama 'Gunung Nglanggeran'. Gunung ini, terbentuk dari gunung api dasar laut yang terangkat dan kemudian menjadi daratan pada jutaan tahun lalu.

Wisata Gunung Kidul menyimpan banyak destinasi wisata lainnya. Diantaranya; wisata pantai, wisata sungai, wisata embung, wisata air terjun dan masih banyak lainnya. Wisata pantai masih mendominasi di salah satu kabupaten Yogyakarta ini, hal tersebut tidak terlepas letak geografis dari kabupaten Gunung Kidul yang berdekatan dengan pantai laut selatan. Konon pantai laut selatan menyimpan banyak misteri, sampai saat ini belum terungkapkan di wisata Gunung Kidul.

Bagi anda yang saat ini sedang berlibur di propinsi Yogyakarta, sempatkan mampir sejenak, untuk menikmati keindahan wisata alam Gunung kidul. Sampai saat ini sudah bukan lagi rahasia umum apabila wisata di Gunung Kidul memiliki destinasi wisata alam yang indah serta menarik untuk dikunjungi. Berikut kumpulan wisata Gunung Kidul, siap untuk mengisi hari libur anda.

Gambar mungkin berisi: samudera, luar ruangan, alam dan air
Pantai Baron (dok pemda Kabupaten Gunung Kidul)

Pantai Baron Jogja termasuk salah satu pantai laut selatan yang memiliki keindahan alam menakjubkan. Wisata pantai Baron Jogja merupakan cikal bakal di mulainya era wisata alam pantai di wisata Gunung Kidul. Pantai Baron termasuk 2 wisata pantai terbaik di provinsi Yogyakarta setelah pantai Parangtritis Yogyakarta. Keindahan Pantai Baron terlihat dari air laut yang membiru alami dan terdapat karang serta bukit bukit kecil eksotis.

Pantai Baron Yogyakarta memiliki setidaknya ribuan pengunjung setiap bulannya, baik wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara pun sempat merasakan keindahan salah satu pantai terbaik di Yogyakarta. Selain memiliki spot yang indah, pantai Baron sampai saat ini tercatat sebagai pantai dengan perdagangan hasil laut dengan pendapatan tertinggi di wisata alam Gunung Kidul.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan dan alam
Embung Nglanggeran

Wisata embung Nglanggeran berdekatan dengan
objek wisata Gunung Api Purba yang juga menawarkan pemandangan tidak
kalah cantik bila memiliki maksud untuk berburu sunset. Apabila memiliki
hobi fotografi, maka tidak salah apabila memanfaatkan spot cantik dari
embung Nglanggeran yang menurut anda terbaik.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk, luar ruangan, alam dan air
Gua Pindul

Wisata di Gunung Kidul yang sedang ramai menjadi perbincangan hangat para wisatawan adalah wisata Gua Pindul. Wisata gua Pindul merupakan wisata alam yang berupa goa unik nan indah. Para wisatawan dapat menikmati keindahan staglatit yang masih tumbuh ke bawah langit langit dengan menyusuri area tersebut menggunakan kapal karet atau tubing. Lantaran di dalam goa Pindul dialiri sungai bawah tanah mulai dari mulut gua hingga ujung gua.

Tempat Wisata Gunung Kidul

Wisata gua pindul memiliki 3 zona utama yaitu zona pertama adalah zona terang dimana di zona ini akan terkesan terang sehingga dapat menyaksikan keindahan gua secara langsung. Zona kedua adalah zona remang, di bagian ini cahaya mulai sulit di temukan hanya beberapa bagian kecil cahaya dengan bantuan pantulan air bening pada dinding gua membuat cahaya remang ini terasa menakjubkan. Dan zona ketiga merupakan zona gelap, untuk menyusuri zona ini memerlukan alat bantu penerangan. Waktu tempuh pada zona ketiga ini kira kira 45 menit, penelusuran akan di akhiri pada dam yang ada di kawasan wisata Gua Pindul.


Gambar mungkin berisi: luar ruangan, alam, teks dan air
Air Terjun Sri Gethuk

Wisata air terjun terbaik di tempat wisata Gunung Kidul adalah air terjun Sri Gethuk. Air terjun yang terletak di kecamatan Playen Gunung kidul ini sering di kaitkan dengan keindahan wisata Grand Caynon Airzona. Dimana kedua air terjun tersebut memiliki kemiripan, lantaran tempatnya yang benar alami dan jarang dikunjungi oleh masyarakat sekitar.

Sri Gethuk

Keunikan dari air terjun Sri Gethuk adalah air mengalir dari atas tebing tidak pernah berkurang, baik saat musim kemarau apa lagi musim hujan. Untuk menuju ke lokasi wisata air terjun Sri Gethuk, anda memerlukan alat transportasi kapal dengan waktu tempuh kurang dari 10 menit. Sesampai di lokasi wisata anda pun dapat merasakan sensasi liburan di air terjun Sri Gethuk dengan panorama air terjun yang memukau dan air sungai yang jernih.


Gambar mungkin berisi: gunung, langit, luar ruangan dan alam
Embung Sriten

Wisata embung Sriten merupakan wisata tirta yang terkenal dengan panorama gunung yang menakjubkan. Telaga Sriten, tercatat sebagai salah satu embung tertinggi bahkan menjadi dataran tinggi yang ada di provinsi Yogyakarta. Para wisatawan yang berlibur di embung Sriten, akan dimanjakan dengan udara sejuk alami serta panorama yang indah dari Embung Batara Sriten.

embung sriten

Para Wisatawan tidak hanya diberikan pemandangan telaga dengan latar belakang awam gemawan serta hutan hijau yang rimbun. Di tempat ini anda bisa melihat keseluruhan wisata rawa Jombor serta wisata waduk Gajah Mungkur dari kejauhan secara jelas. Pada umumnya wisatawan menantikan momen sunset dan sunrise demi mendapatkan keindahan alam yang unik dan indah, tanpa terhalang dengan pohon.



Gambar mungkin berisi: langit, luar ruangan dan alam

Green Village

Di kecamatan Gedangsari Gunung Kidul terdapat wisata dengan panorama alam yang memukau yaitu green village. Panorama alam memikat dengan nuansa hamparan hutan yang seolah seperti permadani hijau terhampar luas, akan di tawarkan oleh salah satu wisata alam Gunung Kidul.

Waktu pagi hari wisata green village, terlihat seperti di selimuti kapas putih berupa awan, tentu udara dihasilkan begitu alami dan sejuk. Tidak hanya diberikan pesona alam yang masih sangat hijau nan asri, wisata di Gunung Kidul ini sudah cukup modern dimana terdapat gazebo gazebo yang telah di sediakan oleh pengelolah wisata, sebagai salah satu tempat istirahat sekaligus menjadi spot wisata yang istimewah.

Selain itu juga terdapat wisata Pantai Krakal, Gua Jomblang, pantai Indrayanti, Pantai Wedi Ombo dan banyak spot lainnya yang luar biasa indahnya.


 
 
Redaksi | Tentang Kami
Copyright 2013