Rabu, 08 April 2020
22:21 WIB - Polda Riau Ringkus 5 Pelaku Jaringan Ilegal Taping antar Provinsi, Rugikan Negara Rp2,4 Miliar | 16:37 WIB - Cara Tokoin Hentikan Covid-19 di Indonesia | 07:49 WIB - Lewat Lagu Bona Paputungan Mengekspresikan Empatynya Bagi Tenaga Medis Covid-19 | 17:29 WIB - Tri Darma Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi COVID-19 | 12:30 WIB - Tidak Benar, BNPB Terima 1 Juta Masker dari Shopee | 09:03 WIB - PT Sasa Inti Hadir Untuk Masyarakat Indonesia Dalam Menanggulangi Wabah COVID-19
 
MEDIA BINTANG (MB) : INSPIRASI : Apresiasi Sineas Muda Indonesia melalui Kompetisi Panasonic Young Filmmaker 2019

Apresiasi Sineas Muda Indonesia melalui Kompetisi Panasonic Young Filmmaker 2019

INSPIRASI - Ismail - Senin, 20/01/2020 - 00:07:05 WIB



Mediabintang.com, Jakarta – Kemajuan teknologi dan internet yang pesat saat ini memudahkan masyarakat untuk menjadi content creator, yaitu berkreasi dalam membuat karya berupa film, animasi atau karya visual lainnya.  Sebagai bentuk dukungan atas  kreatifitas masyarakat, pada 18 Januari 2020, PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI) menggelar malam penganugerahan Panasonic Young Film Maker (PYFM) 2019 di Jakarta.

 “Awarding Night PYFM 2019”, Panasonic memberikan penghargaan bagi peserta terbaik dari tiga kategori yang dilombakan yaitu Short Movie, Online Video, dan Wedding Films, dengan total hadiah senilai 300 juta rupiah. 

Bekerja sama dengan Visinema, Digital Cinematography Indonesia, Hunting Pasar, dan Bank Permata, penyelenggaraan PYFM 2019 telah dimulai pada Oktober 2019 dan berakhir pada Desember 2019. PYFM 2019 dengan mengangkat tema “Change” yang berarti kesempatan dalam menunjukan sikap dan kemauan seseorang untuk berfikir secara analogi dengan perencanaan yang sempurna.

Pada hari penganugrahan PYFM ini juga, akan diselenggarakan 10 kelas diskusi bertajuk kelas kolaborasi dengan para creators dalam bidang fotografi dan videografi bersama Angga Dwimas Sasongko, Goenrock, Bagoes Kresnawan, Andi Bachtiar Yusuf, Ferry Rusli, Roy Genggam, Ulet Ifansasti, Takun Arrosid, Mada Riyanhadi, Hasyin Hasan dan juga Benny Kadarhariarto. 

President Director Panasonic Gobel Indonesia Seigo Saifu, mengatakan “Indonesia memiliki banyak sumber daya manusia yang unggul dalam industri kreatif, dan PYFM merupakan dukungan Panasonic  terhadap kemajuan industri kreatif di Indonesia. PYFM juga merupakan  implementasi dari komitmen Panasonic dalam meningkatkan motivasi dan menghadirkan pendidikan serta pelatihan bagi film maker muda bertalenta di seluruh Indonesia," jelasnya. 

 Seigo melanjutkan, " Sejalan dengan tagline perusahaan Panasonic “A Better Life, A Better World”, kami mengajak para content creator maupun sineas muda Indonesia untuk bersama sama memberikan kontribusi dalam memajukan industri kreatif di Indonesia, dengan memberikan motivasi serta edukasi terhadap kreatifitas masyarakat Indonesia dalam bidang fotografi dan videografi,” katanya. 

Agung Ariefiandi, Audio Visual Marketing Group Manager PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, “Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 dengan target peserta rentang usia 15 – 30 tahun, PYFM selalu mendapat antusiasme yang tinggi dari para film maker Indonesia.  Dan tahun ini PYFM mendapatkan lebih dari 600 karya video dengan kualitas dan konten yang kami terima sangat menarik dan cukup bersaing antar peserta.”

Mengusung tagline #Kolaborasitanpabatas pada PYFM 2019, sebelumnya Panasonic mengadakan roadshow mengenai pembuatan film pendek serta penjelasan fitur andalan kamera Panasonic LUMIX yang mendukung pembuatan film pendek, serta mengajak para peserta workshop untuk mengikuti kompetisi ini. Roadshow dilaksanakan di 11 kota besar di Indonesia, yakni Bandung, Jakarta, Malang, Padang, Yogyakarta, Surabaya, Bengkulu, Bali, Banjarmasin, Manado, Makassar.

Dalam penyelenggaraan PYFM 2019, Panasonic menggandeng empat juri kenamaan yakni Angga Dwimas Sasongko dan Benny Kadarhariarto untuk kategori short movie, serta Bagoes Kresnawan dan Goenrock untuk kategori Online video. Adapun Kategori lomba nya sebagai berikut :

Kategori Short Movie: Produksi film menggunakan media konvensional bergenre drama, komedi, horror, action, serta dokumenter dengan durasi maksimal 15 menit.
1. Best Picture 
Hadiah 1 Unit Kamera Lumix S1 Kit lens 24 -105 mm) + Uang tunai 30 juta
2. Best Story 
Hadiah 1 Unit Kamera Lumix G95 Kit (lens 14 – 42 mm) + Uang tunai 20 juta
3. Best Cinematography 
Hadiah 1 Unit Kamera Lumix G95 Kit (lens 14 – 42 mm) + Uang tunai 20 juta

Kategori Online Video: Video dengan durasi maksimal 10 menit yang terbagi dalam tiga genre video yaitu Travel Video, Fashion Film, dan Music Video.
1. Best Fashion Film 
Hadiah 1 Unit Kamera Lumix G 85 Kit (lens 14-42 mm) + Uang tunai 15 Juta
2. Best Music Video 
Hadiah 1 Unit Kamera Lumix G 85 Kit (lens 14-42 mm) + Uang tunai 15 Juta
3. Best Travel Video 
Hadiah 1 Unit Kamera Lumix G 85 Kit (lens 14-42 mm) + Uang tunai 15 Juta

Kategori Wedding Films: Merupakan special category tahun ini.
1. Best Wedding Films
Hadiah 1 Unit Kamera Lumix G 85 Kit (lens 14-42 mm) + Uang tunai 15 Juta

Hero


 

 
 
Redaksi | Tentang Kami
Copyright 2013